Saya mendengar bahwa seorang anak jatuh dari tangga karena tidak ada alat pengaman, atau desain susurannya tidak aman, sehingga anak dengan mudah dapat memanjat. Kali ini kita akan membahas bagian tangga berupa railing tangga dan pegangan tangan yang merupakan faktor penting untuk menjamin keamanan tangga.

Pengertian Railing Tangga

Railing tangga tidak hanya menjadi penghalang berupa tiang kawat, namun bagi siapa pun yang menggunakannya haruslah railing tangga yang kuat dan aman. Railing tangga akan menopang handrails yang merupakan faktor penting untuk keselamatan tangga, tinggi railing yang ideal harus antara 80 cm – 100 cm, yang memenuhi standar kenyamanan orang dewasa untuk menjangkau saat berdiri. Untuk anak-anak dengan anak kecil, aman menggunakan pagar vertikal dengan jarak vertikal kecil, sehingga anak-anak kecil kemungkinannya untuk memanjat dan memasukkan kepala.

Fungsi

Adalah untuk menghindarkan Anda agar tidak terjatuh saat mendaki atau menuruni tangga. Selain membuat penghuni rumah aman dan nyaman. Memasang pegangan tangan di sisi tangga juga bisa menghadirkan kesan dan gaya tersendiri pada ruang. Baik ruang keluarga Anda berdekorasi modern, tradisional, modern atau minimalis. Ada banyak model dan desain pegangan tangan yang dapat mempercantik elemen arsitektural rumah. Ada banyak sekali desain railing tangga minimalis. Mulai dari desain railling tangga kaca, railling tangga kayu, railling tangga minimalis, railing tangga kawat baja kontemporer, dan kisaran harganya juga berbeda-beda.

Railling tangga tidak hanya menjadi penghalang berupa tiang kawat, namun bagi siapa pun yang menggunakannya haruslah railling tangga yang kuat dan aman. Railling tangga akan menopang handrails yang merupakan faktor penting untuk keselamatan tangga. Tinggi railing yang ideal harus antara 80 cm – 100 cm, yang memenuhi standar kenyamanan orang dewasa untuk menjangkau saat berdiri. Untuk anak-anak dengan anak kecil, aman menggunakan pagar vertikal dengan jarak vertikal kecil. Sehingga anak-anak kecil kemungkinannya untuk memanjat dan memasukkan kepala.

Pegangan tangan dan railing terbuat dari bahan yang sesuai dengan gaya rumah Anda, yang tentunya tidak lepas dari konsep keselamatan. Untuk rumah minimalis Anda bisa memadukannya dengan besi hollow dan kayu, atau alumunium atau bahkan senar baja. Untuk rumah etnik, memang cenderung lebih menyukai kayu. Asalkan memiliki sudut membulat yang aman, bentuknya bisa diubah menjadi bulat atau persegi.

Ukuran Terbaik Railing Tangga

Ukuran sandaran tangan standar yang nyaman adalah dengan diameter 4 cm hingga 5 cm. Mungkin ada tangga di salah satu sisi rumah Anda. Tangganya dibatasi oleh dinding, terkadang dari sudut pandang hemat biaya, pegangan di sisi yang bertepatan dengan dinding diabaikan. Namun, jika faktor keamanan tangga menjadi faktor terpenting yang menjadi prinsip hunian Anda. Apalagi jika ada orang lanjut usia di dalam rumah Anda. Agar dapat menggenggam dengan baik, Anda harus menjaga jarak minimal 4 cm dari dinding agar tangan Anda tidak bergesekan dengan dinding. Untuk faktor penting keselamatan keluarga, Anda sudah lebih memahami bagian dari tangga. Terkadang Anda bisa mengabaikannya. Jangan abaikan railling dan pegangan tangga rumah tangga.