Railing adalah sejenis struktur besi yang dipadukan dengan pegangan tangan, pagar lantai bahkan dekorasi pada teras rumah dan bangunan. Fungsi railing sebenarnya adalah sebagai alat pengaman, saat seseorang naik turun tangga juga sebagai buffer zone. Sekaligus, fungsi railing balkon adalah sebagai alat pengaman dan penghambat yang mencegah seseorang terjatuh dari balkon ke bagian bawah lainnya.

Namun selain fungsi utamanya adalah artistik, beberapa model pegangan tangga juga diciptakan agar tampilan interior atau eksterior rumah semakin cantik. Fitur ini sangat erat kaitannya dengan keamanan. Tentunya bagi mereka yang memiliki anak harus menggunakan railing di tangga. Saat ini railing sendiri bukan hanya menjadi kendala, tetapi juga sangat aman saat seseorang menaiki tangga, dan railing tersebut juga menjadi bagian dari dekorasi interior rumah anda.

Jenis

Berikut uraian masing-masing railing berdasarkan fungsinya yaitu:

  • Pagar tangga. Railing pada tangga juga dapat digunakan sebagai pagar pembatas sekaligus, dan juga dapat digunakan sebagai pegangan saat orang naik atau turun tangga. Ketinggian standar pagar tangga adalah 90 cm. Mengenai penggunaan pola bisa berupa garis-garis horizontal atau garis vertikal, atau pola dekoratif. Dilihat dari segi fungsi pengaman dan grip, jangan sampai handle bar meruncing. Sebaiknya handle bar menggunakan bahan tumpul di bagian sudutnya. . Ini memiliki tepi dan sudut yang tajam dan nyaman untuk dipegang. Jika terdapat lubang, jarak maksimal antar batang antara 10 cm dan 15 cm. Bahan dengan ketebalan kaca minimal 12 mm, seperti kayu, besi atau kaca.
  • Hand railling. Railing manual yang dipasang pada tangga di sisi dinding sama tingginya dengan railing tangga, dan tidak kurang dari 90 cm. Sementara itu, bahan yang digunakan harus mudah digenggam dan memiliki sudut tumpul. Bahannya bisa besi atau kayu.
  • Railling void. Pagar pembatas dengan rongga (bukaan tingkat atas) dengan pemandangan lantai bawah, seperti lantai atas ke bawah gedung Anda, atau serupa dengan rongga di pusat perbelanjaan dengan pemandangan ke area alun-alun pusat perbelanjaan. Celah pagar untuk bangunan dengan tinggi minimal 90 cm sampai 110 m. Bahannya bisa besi atau kaca, kalau pakai kaca, ketebalan minimal dibatasi 12 mm. Cara terbaik adalah menggunakan pola garis vertikal dalam desain ini untuk menghindari penggunaan platform panjat tebing untuk anak-anak.

Fungsi Railing

Selain kekuatan dan keamanan railling (sebagai fungsi pagar pembatas lantai), juga:

  • Pilih bahan yang relatif kuat dan tahan lama. Rekomendasi penggunaan elemen besi (baja).
  • Ketebalan bahan. Pilih bahan yang relatif tebal agar lebih kuat dan aman digunakan sebagai pembatas.
  • Gunakan bahan yang tidak mudah rusak atau rusak Jika bahan kaca harus digunakan, bahan tersebut harus memiliki kekuatan standar dan menggunakan persyaratan keselamatan.
  • Teknik pemasangan yang benar (seperti menggunakan sistem implan pada lamtai atau dinding) juga dapat menggunakan pengelasan yang sebelumnya telah ditanam dengan jangkar (anker), sistem baut ground anchor (bukan baut Fisher), dan tidak menggunakan sistem paku.