Pintu geser (Pintu Sliding) adalah jenis pintu lain yang dapat Anda gunakan di rumah Anda. Cara menggunakannya cukup dengan menggesek. Setelah itu, kamu ingin bergerak ke kiri atau ke kanan. Pintu gesernya cukup fleksibel. Dalam arti, pintu geser ini bisa digunakan tidak hanya sebagai pintu, tapi juga sebagai jendela, dinding atau sekat. Kehadirannya juga akan mempengaruhi tampilan ruangan.

Pengertian Menurut Ahli

Menurut arsitek Widjaja Wardana, kehadiran pintu atau jendela geser seperti itu akan semakin menambah keindahan ruang. Selain itu, rumah akan terlihat lebih elegan dan mewah. Tentu saja, hanya warna, material, dan pencahayaan yang tepat yang dapat mendukungnya. Widjaja menjelaskan, pintu geser memiliki fungsi yang sama dengan pintu biasa, yaitu sebagai pintu masuk dan keluar. Jika digunakan sebagai jendela, pintu geser dapat digunakan untuk “menarik” udara ke dalam ruangan.

Dengan begitu, sirkulasi dalam rumah bisa selalu terjaga untuk menunjang kesegaran dan kesehatan penghuninya. Dengan berkembangnya dunia arsitektural, pintu jenis ini kini memiliki fungsi estetika. Selain itu juga bisa digunakan untuk menghemat lahan, apalagi jika lahan untuk rumah Anda cukup sempit. Di Jepang, mengingat tingginya harga tanah di sana, pintu geser atau jendela geser sudah banyak digunakan.

Penerapan Pintu Sliding

Penerapan pintu geser tidak hanya bergantung pada kesan mewah, tapi juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit agar bisa mendapatkan efek yang maksimal. Oleh karena itu, untuk memasang pintu geser semacam ini pada sebuah rumah, hal pertama yang harus diperhatikan penghuni adalah faktor biaya. Menurut Widjaja, pembuatan pintu / jendela geser membutuhkan sedikit biaya tambahan karena harga railing atau rel geser untuk roda sangat mahal. Berbeda dengan pintu berengsel biasa yang relatif murah (pintu penetasan atau jendela penetasan).

Widjaja menambahkan: “Biaya tinggi juga akan meningkatkan prestise pemilik rumah.” Penghuni perlu menyelesaikan beberapa langkah sebelum menggunakan pintu geser. Yang pertama adalah membuat lubang pada pintu atau jendela. Perlu diperhatikan penguatan area pintu geser. Sediakan balok penguat praktis di atas pintu. Balok utilitas akan digunakan untuk menempatkan pintu geser.

“Harus diingat kalau pintu ini kadang hang meski diparkir di roda bawah. Widjaja menjelaskan jika railingnya hanya dipasang pada tembok bata akan menimbulkan retakan pada dinding. Hal kedua yang harus diperhatikan ya , terkadang perlu melepas pintu.Cara melepasnya adalah dengan sedikit mengangkat pintu.Oleh karena itu, beri ruang yang cukup untuk drum dan area perawatan.

Pemilihan Material Pintu Sliding

Hal berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah memilih material yang tepat untuk elemen ini. Vijaja mengatakan, jika menggunakan bahan kayu atau baja, maka tulangan harus dilihat. Selain itu, pilih railing atau track dan track roda kualitas pertama. Karena jika bahannya jelek dan berkarat justru akan mempersulit proses buka tutup pintu geser. Kalau bahan yang digunakan kaca, beda.

Menurut Widjaja, yang harus diingat adalah ketebalan kacanya. Untuk alasan keamanan, yang terbaik adalah menggunakan bahan kaca temper. Pasalnya, kaca temper yang jika dipukul keras dan pecah akan pecah menjadi potongan-potongan kecil, sehingga tidak berbahaya bagi penghuninya. Namun, faktor biaya masih menjadi “kendala” utama. Anda akan menemukan bahwa kaca tebal seperti kaca temper relatif lebih mahal dibandingkan dengan kaca biasa.

Setelah mempertimbangkan semua hal tersebut, Anda bisa mulai membuat pintu atau jendela. Widjaja mengatakan bahwa dalam hal ini produk jadinya bisa dibuat atau dibeli sendiri. Tentu saja, pastikan untuk menyisakan lebar beberapa milimeter untuk pergerakan pintu, dan ingat koefisien muai material. Untuk alasan ini, kayu oven harus digunakan untuk menghindari koefisien muai yang terlalu banyak. Kemudian, ukur kayu sepenuhnya sebelum memotong.

Terakhir adalah pemasangan railing atau rel roda. Rel roda ini bisa diletakkan di atas pintu atau di lantai. Gunakan bahan yang tidak mudah berkarat atau pilih merk yang terkenal kualitasnya. Roda ini menggunakan roda gigi (peluru) yang terbuat dari bahan keras dan dilengkapi dengan petroleum jelly untuk menghindari kertas macet dan kebisingan. Jangan lupa untuk memilih pegangan pintu dan kunci yang sesuai dengan pintu gesernya.