Kanopi merupakan bagian struktur bangunan yang memiliki fungsi sebagai atap tambahan yang berfungsi memberikan perlindungan dari panas dan hujan.  Selain itu juga bisa menambah nilai estetika rumah. Kanopi bisa dibuat di bagian depan, belakang, atau samping rumah. Adanya kanopi ini bisa menambah fungsi ruang misalkan untuk garasi, tempat bermain, gudang, dapur dll.

Dalam pembuatan kanopi, ada 2 bagian penting kanopi yaitu bagian Rangka dan bagian Atap. Bagian rangka biasanya menggunakan bahan Besi, Baja atau Kayu. Rangka kanopi harus kuat dan kokoh untuk menyangga atap. Selain itu tidak mudah lapuk dan berkarat. Anda bisa berkonsultasi untuk penggunaan spesifikasi rangka yang digunakan. Rangka kanopi sama halnya dengan tiang penyangga rumah. Jika tidak kuat maka akan cepat roboh dan tentunya membahayakan penghuninya.

Pembuatan kanopi juga tidak lepas dari penggunaan Atap. Ada 5 jenis bahan atap yang biasa digunakan dalam pembuatan kanopi antara lain:

1. Atap Kanopi Polycarbonate

Atap jenis ini terbuat dari plastik yang berongga. Kelebihannya bisa menyerap dan menahan sinar matahari dengan maksimal. Kelebihan jenis atap ini adalah kuat, kokoh dan ringan. Biasanya dalam penggunaannya bisa tahan 5-10 tahun.

atap kanopi polycarbonate bengkel las konstruksi besi baja

Jenis bahan polycarbonate memiliki model desain dan warna yang beraneka ragam. Kebanyakan masyarakat menyukai warna yang gelap karena lebih teduh.

Dipasaran anda bisa menemukan bermacam-macam merk polycarbonat seperti : Lexan, Twinlite, Starlite, Solarflat, Solartuff, Carbolux, Lexan Carboron, GE, Molydex, X-Lite, dan Cladian Plast.

2. Atap kanopi Spandek / Zyncalum

Atap kanopi jenis Spandek memiliki bentuk yang bergelombang terbuat dari campuran bahan alumunium dan seng. Jenis bahan ini lebih kuat dan awet dibandingkan jenis atap Polycarbonate.

atap kanopi spandek bengkel las terbaik

Berdasarkan informasi dari pabrik bahan atap ini bisa bertahan lebih dari 30 tahun. Namun demikian jenis atap kanopi ini lebih kaku dan kurang dekoratif.

3. Atap Kanopi Kaca

Atap kanopi ini terbuat dari bahan kaca yang tebal berkualitas dan tidak mudah pecah/retak jika terinjak. Jenis kanopi kaca biasa digunakan di wilayah tropis. Penggunaan atap kanopi kaca bisa menambah rumah semakin indah.

Suasana ruang terbuka semakin terasa saat kita duduk di teras yang terlindung kanopi kaca.

4. Atap Kanopi Alderon

Atap Alderon terbuat dari bahan UPVC ( Unplasticizide Polyvinyl Chloride) dengan konstruksi rongga udara twinwall untuk menahan panas dan menyerap suara berisik jika ada benda yang mengenainya seperti air hujan misalnya. Atap kanopi ini memiliki kekuatan hingga 150 kg.

atap kanopi alderon bengkel las terbaik

Karena kekuatannya harga bahan atap kanopi Alderon adalah cukup mahal dibandingkan dengan bahan lainnya.

5. Atap Kanopi Solar Tuff

Atap kanopi solar tuff terbuat dari bahan polycarbonate bergelombang dengan desain yang elegan kuat dan bening seperti kaca.

atap kanopi solar tuff bengkel las konstruksi besi baja

Atap kanopi ini memiliki banyak kelebihan antara lain:

  • 250 kali lebih kuat dari kaca dan 20 kali lebih kuat dari acrylic.
  • Meredam panas tanpa mengurangi cahaya cahaya yang masuk
  • Penerangan alami, penghematan listrik dan energy
  • Ramah lingkungan.
  • Tembus pandang dan bening seperti kaca.
  • Mudah pemasangan dan fabrikasi.
  • Tidak mudah terbakar
  • Tahan terhadap perubahan suhu dari-20˚C Sampai 120˚.

6. Atap Kanopi Onduline

Atap Kanopi onduline bisa menyerap kebisingan suara akibat air hujan sehingga menciptakan rasa nyaman pada lingkungan yang berada di bawahnya. Kelebihan lain dari kanopi jenis ini adalah  ketahanannya dari angin hingga kecepatan 120 mph (192,12 km/h).

atap kanopi onduline bengkel las konstruksi baja

Atap kanopi jenis onduline bisa menampung beban sampai 0.9 ton/m2. Sehingga sesuai  digunakan di wilayah atau negara yang bermusim salju.

Atap kanopi jenis onduline memiliki beragam pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan rumah anda.

7. Atap Kanopi Googreen

Atap kanopi Googreen terbuat dari bahan dasar  plastik yang dikombinasikan dengan bahan-bahan kimia baru dan struktur inovatif yang telah dipatenkan, menghasilkan plastik superior yang berkekuatan tinggi dengan tingkat kelenturan dan ketahanan prima. Oleh karenanya membuat atap GoGreen menjadi pilihan yang terbaik untuk digunakan dengan rangka kanopi  baja ringan.

atap kanopi gogreen bengkel las konstruksi besi baja

Kelebihan lain dari atap kanopi Googreen ini adalah Ringan & Lentur, Ramah Lingkungan, Aplikasi Mudah, Anti Karat, 100% Perlindungan UV, Kekuatan Superior, Bebas Toxic, Harga Ekonomis.

Pemilihan atap kanopi yang tepat bisa menambah fungsi bangunan rumah, keindahan, dan kenyamanan penghuninya. Kanopi bisa melindungi penghuninya dari teriknya panas matahari dan hujan.

Jika Anda tertarik bisa langsung isi form hubungi kami dibawah berikut dan anda akan dihubungi dalam beberapa jam atau silahkan hubungi kami melalui WhatsApp 0812-6067-928